Info Pondok
Friday, 03 Feb 2023
  • Pondok pesantren ibnu abbas sragen yang beralamatkan di Beku Kliwonan Masaran Sragen Jawa Tengah

DOSA GUGUR DENGAN WUDHU’ DAN SHOLAT SEPERTI DAUN GUGUR DARI POHONNYA

Diterbitkan : - Kategori : Ustadz Muslim Atsari

HADITS HADITS TENTANG SHOLAT LIMA WAKTU KE 20

HADITS SALMAN AL-FARISI:

عَنْ أَبِي عُثْمَانَ، قَالَ: كُنْتُ مَعَ سَلْمَانَ الْفَارِسِيِّ تَحْتَ شَجَرَةٍ، وَأَخَذَ مِنْهَا غُصْنًا يَابِسًا فَهَزَّهُ حَتَّى تَحَاتَّ وَرَقُهُ، ثُمَّ قَالَ: يَا أَبَا عُثْمَانَ، أَلَا تَسْأَلُنِي لِمَ أَفْعَلُ هَذَا؟ قُلْتُ: وَلِمَ تَفْعَلُهُ؟ فَقَالَ: هَكَذَا فَعَلَ بِي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا مَعَهُ تَحْتَ شَجَرَةٍ، فَأَخَذَ مِنْهَا غُصْنًا يَابِسًا، فَهَزَّهُ حَتَّى تَحَاتَّ وَرَقُهُ فَقَالَ: ” يَا سَلْمَانُ: أَلَا تَسْأَلُنِي لِمَ أَفْعَلُ هَذَا؟ ” قُلْتُ: وَلِمَ تَفْعَلُهُ؟ قَالَ: ” إِنَّ الْمُسْلِمَ إِذَا تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ، ثُمَّ صَلَّى الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ، تَحَاتَّتْ خَطَايَاهُ، كَمَا يَتَحَاتُّ هَذَا الْوَرَقُ “، وَقَالَ: {وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ذَلِكَ ذِكْرَى لِلذَّاكِرِينَ} [هود: 114]

Dari Abu ‘Utsman (An-Nahdiy Al-Kufiy), dia berkata: Aku bersama Salman Al-Farisi berada di bawah pohon, dan ia memetik ranting yang kering, ia menggoyangkannya hingga daun-daunnya rontok. Lalu ia berkata: “Hai Abu ‘Utsman! Apa kau tidak bertanya, kenapa aku melakukan ini?” Aku berkata: “Kenapa engkau melakukannya?”
Lalu Salman berkata: “Seperti itulah yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam terhadapku, saat aku bersama beliau berada di bawah sebuah pohon. Beliau memetik ranting kering dan menggoyangkannya hingga daun-daunnya rontok. Lalu beliau bersabda: “Hai Salman! Apa kau tidak bertanya, kenapa aku melakukan ini?” Aku berkata: “Kenapa engkau melakukannya?”
Beliau bersabda: “Sesungguhnya jika seorang muslim berwudhu dan melakukan wudhu dengan sebaik-baiknya, lalu shalat lima waktu, maka kesalahan-kesalahannya berguguran seperti rontoknya dedaunan ini.”
Dan beliau membaca (ayat): “Tegakkanlah shalat di dua penghujung siang dan sebagian dari malam, sesungguhnya kebaikan-kebaikan itu menghilangkan keburukan-keburukan, itu adalah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” (QS. Huud/11: 114)
(HR. Ahmad, no. 23707. Syaikh Al-Albani dan Syaikh Syu’aib Al-Arnauth berkata, “Hasan lighoirihi”. Lihat: Shohih At-Targhib, no. 363; Takhrij Musnad Ahmad, no. 23707)

FAWAID HADITS:
Ada beberapa faedah yang bisa kita ambil dari hadits ini, antara lain:

  1. Kesempurnaan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam di dalam menyampaikan ilmu. Beliau menyampaikan ilmu dengan perkataan, perbuatan, pertanyaan, dan gambaran yang memudahkan pemahaman.
  2. Para sahabat meneladani Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam di dalam menyampaikan ilmu. Seperti Salman Al-Farisi terhadap Abu ‘Utsman An-Nahdi.
  3. Amal sholih akan bermanfaat di akhirat jika dilakukan oleh orang muslim. Adapun amalan orang kafir akan sia-sia di akhirat.
  4. Berwudhu dengan benar sebagaimana dituntunkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam akan menggugurkan dosa-dosa.
  5. Shalat lima waktu menggugurkan dosa-dosa.
  6. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan tafsir (penjelasan) ayat-ayat Al-Qur’an, dan tafsir beliau adalah tafsir terbaik, maka harus didahulukan daripada tafsir-tafsir yang lain.
  7. Kewajiban shalat lima waktu diisyaratkan di dalam Al-Qur’an. Maksud “shalat di dua penghujung siang” adalah sholat subuh di awal siang, sholat zhuhur dan ashar di akhir siang. Maksud “sebagian dari malam”, adalah sholat maghrib dan isya’. (Lihat Tafsir Ibnu Katsir, QS. Huud/11: 114)
  8. Semua amal sholih, termasuk wudhu’ dan sholat, menghilangkan dosa-dosa.

Inilah sedikit penjelasan tentang hadits-hadits yang agung ini. Semoga Alloh selalu memudahkan kita untuk melaksanakan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan. Dan selalu membimbing kita di atas jalan kebenaran menuju sorga-Nya yang penuh kebaikan.

Ditulis oleh Muslim Atsari,
Sragen, Bakda Ashar Kamis, 6-Shofar-1442 H / 24-September-2020 M

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.