Info Pondok
Friday, 03 Feb 2023
  • Pondok pesantren ibnu abbas sragen yang beralamatkan di Beku Kliwonan Masaran Sragen Jawa Tengah

JAMINAN MASUK SURGA, SELAMAT DARI NERAKA

Diterbitkan : - Kategori : Ustadz Muslim Atsari

HADITS HADITS TENTANG SHOLAT LIMA WAKTU KE 26

HADITS ABU MUSA AL-ASY’ARIY

عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ أَبِي مُوسَى، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَنْ صَلَّى البَرْدَيْنِ دَخَلَ الجَنَّةَ»

Dari Abu Bakr bin Abu Musa, dari bapaknya, bahwa Rosululloh shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa shalat dua waktu dingin (subuh dan ashar) dia pasti akan masuk sorga.”

(HR. Bukhori, no. 547; Muslim, no. 635)

HADITS RUWAIBAH ATS-TSAQOFIY

عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ عُمَارَةَ بْنِ رُوَيْبَةَ الثَّقَفِيِّ، سَمِعُوهُ عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ: «لَنْ يَلِجَ النَّارَ رَجُلٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا» فَقَالَ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ الْبَصْرَةِ: آنْتَ سَمِعْتَهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟ قَالَ: نَعَمْ، قَالَ: أَشْهَدُ لَسَمِعَتْهُ أُذُنَايَ، وَوَعَاهُ قَلْبِي

Dari Abu Bakr bin ‘Umarah bin Ruwaibah Ats Tsaqafi, mereka mendengarnya dari bapaknya, ia berkata, “Aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak akan masuk neraka seorang laki-laki yang shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu sholat subuh) dan sebelum terbenamnya (yaitu sholat ashar).”
Seorang laki-laki dari penduduk Bashrah lantas berkata, “Apakah kamu mendengarnya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?” Ia berkata, “Benar. Sungguh aku bersaksi bahwa kedua telingaku telah mendengarnya dan hatiku menghafalnya.”

(HR. Ahmad, no. 18298 –dan ini lafazhnya- ; Muslim, no. 634; An-Nasai, no. 471, 487; Abu Dawud, no. 427; Ibnu Hibban, no. 1738; Ibnu Khuzaimah, no. 318. Syaikh Al-Arnauth berkata di dalam Takhrijul Musnad, no. 18298: “Isnadnya Shohih menurut imam Muslim”. Dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Misykatul Mashobih, no. 624)

FAWAID HADITS:
Ada beberapa faedah yang bisa kita ambil dari hadits-hadits ini, antara lain:

  1. Keutamaan sholat lima waktu, khususnya sholat subuh dan ashar.
  2. Jaminan masuk sorga bagi orang yang istiqomah melaksanakan sholat subuh dan ashar. Walaupun kemungkinan sebagian orang mampir ke neraka lebih dahulu karena dosa-dosa besar yang dilakukannya.
  3. Jaminan tidak masuk ke dalam neraka bagi orang yang istiqomah melaksanakan sholat subuh dan ashar. Walaupun seandainya seseorang mampir ke neraka lebih dahulu karena dosa-dosa besar yang dilakukannya, namun tidak akan kekal di dalam neraka.
  4. Orang yang istiqomah melaksanakan sholat subuh dan ashar, pasti lebih istiqomah melaksanakan sholat-sholat lainnya.
  5. Usaha sahabat di dalam mengecek kebenaran hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.
  6. Hendaklah seseorang bersungguh-sungguh mendengar hadits Nabi dan memahaminya.

Inilah sedikit penjelasan tentang hadits-hadits yang agung ini. Semoga Alloh selalu memudahkan kita untuk melaksanakan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan. Dan selalu membimbing kita di atas jalan kebenaran menuju surga-Nya yang penuh kebaikan.

Ditulis oleh Muslim Atsari,
Sragen, Zhuhur Rabu, 19-Shofar-1442 H / 7-Oktober-2020 M

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.