HADITS HADITS TENTANG SHOLAT LIMA WAKTU
HADITS JABIR BIN ABDILLAH:
عَنْ جَابِرٍ، يَقُولُ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: “إِنَّ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكَ الصَّلَاةِ”
Dari Jabir, dia berkata: Aku telah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya (batas) antara seseorang dengan syirik dan kekafiran adalah meninggalkan sholat”. (HR. Muslim, no. 82; Tirmidzi, no. 2619; Abu Dawud, no. 4678; An-Nasai, no. 464; Ibnu Majah, no. 1078; Ahmad, no. 14979; Ibnu Hibban, no. 1453. Dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani)
HADITS BUROIDAH AL-ASLAMIY:
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “العَهْدُ الَّذِي بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ الصَّلَاةُ، فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ”
Dari Abdulloh bin Buroidah, dari ayahnya, dia berkata: Rosululloh shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Perjanjian antara kami dengan mereka (orang-orang Munafiq) adalah sholat. Barangsiapa meninggalkan sholat, maka telah melakukan kekafiran”. (HR. Tirmidzi, no. 2621; An-Nasai, no. 463; Ibnu Majah, no. 1079; Ahmad, no. 22937, 23007; Ibnu Hibban, no. 1454. Dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani)
HADITS ANAS BIN MALIK:
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: “لَيْسَ بَيْنَ الْعَبْدِ وَالشِّرْكِ إِلَّا تَرْكُ الصَّلَاةِ، فَإِذَا تَرَكَهَا فَقَدْ أَشْرَكَ”
Dari Anas bin Malik, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Tidak ada (batas) antara seorang hamba dengan syirik kecuali meninggalkan sholat. Jika dia telah meninggalkan sholat, maka telah melakukan syirik”. (HR. Ibnu Majah, no: 1080; dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani)
FAWAID HADITS:
Ada beberapa faedah yang bisa kita ambil dari hadits-hadits ini, antara lain:
Ditulis oleh Muslim Atsari,
Sragen, Dhuha Jum’at, 23-Muharrom-1442 H / 11-September-2020 M
Beri Komentar