Info Pondok
Tuesday, 23 Jul 2024
  • Pondok pesantren ibnu abbas sragen yang beralamatkan di Beku Kliwonan Masaran Sragen Jawa Tengah

MEYAKINI KEBENARAN TAUHID

Diterbitkan : - Kategori : Ustadz Muslim Atsari

AYAT-AYAT AL-QUR’AN PANGGILAN AR-ROHMAN KEPADA INSAN

QS. Yunus/10: 104

قُلْ يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنْ كُنْتُمْ فِيْ شَكٍّ مِّنْ دِيْنِيْ فَلَآ اَعْبُدُ الَّذِيْنَ تَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ وَلٰكِنْ اَعْبُدُ اللّٰهَ الَّذِيْ يَتَوَفّٰىكُمْ ۖ وَاُمِرْتُ اَنْ اَكُوْنَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ – ١٠٤

Katakanlah: “Hai manusia, jika kamu masih dalam keragu-raguan tentang agamaku, maka (ketahuilah) aku tidak menyembah yang kamu sembah selain Allah, tetapi aku menyembah Allah yang akan mematikan kamu dan aku telah diperintah supaya termasuk orang-orang yang beriman”. (QS. Yuunus/10: 104)

PETUNJUK-PETUNJUK AYAT:
1- Harus yakin terhadap kebenaran tauhid, beribadah hanya kepada Alloh semata. Meragukan hal ini merupakan kekafiran.
2- Agama Islam adalah agama yang haq, walaupun orang-orang kafir meragukannya. Maka wajib mengamalkan agama Islam dengan sebaik-baiknya.
3- Tidak boleh berbuat syirik, beribadah kepada selain Alloh. Seperti berdoa, menyembelih hewan sebagai tumbal, membuat sesajen, dan semacamnya, yang ditujukan kepada malaikat, Nabi, wali, orang yang telah mati, atau lainnya.
4- Hanya Alloh yang berhak diibadahi, ditaati dengan mutlak, dengan penuh kecintaan dan pengagungan, karena Dia memiliki sifat menghidupkan dan mematikan.
5- Kematian yang menimpa manusia, di waktu kapan saja, dan di tempat mana saja, dengan sebab atau tanpa sebab yang diketahui, merupakan bukti nyata kekuasaan Alloh Ta’ala, yang mengharuskan manusia beribadah kepadaNya.
6- Alloh yang menciptakan, dan Dia yang berhak memerintah. Manusia tidak boleh memberikan perintah yang bertentangan dengan perintah Allah.
7- Perintah berkumpul dengan orang-orang yang beriman, menunjukkan pentingnya memilih kawan orang sholih dan lingkungan yang baik.

Inilah sedikit penjelasan dari ayat yang agung ini. Semoga Alloh selalu membimbing kita di atas jalan yang lurus.

Ditulis oleh Muslim Atsari,
Solo, Dhuha Selasa, 26-Romadhon-1441 H / 19-Mei-2020 M

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.