Info Pondok
Sunday, 25 Feb 2024
  • Pondok pesantren ibnu abbas sragen yang beralamatkan di Beku Kliwonan Masaran Sragen Jawa Tengah

KELEMAHAN TUHAN-TUHAN YANG DISEMBAH ORANG-ORANG MUSYRIK

Diterbitkan : - Kategori : Ustadz Muslim Atsari

AYAT-AYAT AL-QUR’AN PANGGILAN AR-ROHMAN KEPADA INSAN

QS. Al-Hajj/22: 73-74

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ لَنْ يَّخْلُقُوْا ذُبَابًا وَّلَوِ اجْتَمَعُوْا لَهٗ ۗوَاِنْ يَّسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْـًٔا لَّا يَسْتَنْقِذُوْهُ مِنْهُۗ ضَعُفَ الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوْبُ – ٧٣

مَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِهٖۗ اِنَّ اللّٰهَ لَقَوِيٌّ عَزِيْزٌ – ٧٤

Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah.
Mereka tidak mengenal Allah dengan sebenar-benarnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (QS. Al-Hajj/22: 73-74)

PETUNJUK-PETUNJUK AYAT:

  1. Perumpamaan yang bagus tentang kehinaan, kelemahan, ketidak berdayaan, tuhan-tuhan yang disembah oleh orang-orang musyrik. Sesembahan mereka yang berupa patung-patung yang menggambarkan orang-orang sholih atau punden-punden atau pohon-pohon yang dikeramatkan yang sering diberi sesajian.
  2. Semua tuhan yang dijadikan tempat berdoa selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya.
  3. Alangkah lemahnya tuhan-tuhan yang disembah oleh orang-orang musyrik, karena seekor lalat lebih kuat daripada mereka. Sehingga ketika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, mereka tidak dapat merebutnya kembali.
  4. Alangkah hina dan sesatnya orang-orang musyrik, karena tuhan-tuhan yang mereka sembah lebih lemah daripada seekor lalat.
  5. Di antara bentuk syirik adalah berdoa kepada selain Alloh, baik kepada Malaikat, Nabi, Wali, orang yang telah mati, atau lainnya.
  6. Orang-orang musyrik tidak mengenal dan mengagungkan Allah dengan sebenar-benarnya, sehingga mereka menyekutukan Alloh dengan selainNya.
  7. Beriman kepada nama Alloh Al-Qowiy, Yang Maha Kuat, dan sifat Alloh al-quwwah (kekuatan) yang sempurna.
  8. Beriman kepada nama Alloh Al-‘Aziiz, Yang Maha Perkasa, dan sifat Alloh al-‘izzah (kuasa, mulia, perkasa) yang sempurna.

Inilah sedikit penjelasan dua ayat yang agung ini. Semoga Alloh selalu membimbing kita di atas jalan yang lurus.

Ditulis oleh Muslim Atsari,
Sragen, Dhuha Kamis, 28-Romadhon-1441 H / 21-Mei-2020 M

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.