Info Pondok
Friday, 03 Feb 2023
  • Pondok pesantren ibnu abbas sragen yang beralamatkan di Beku Kliwonan Masaran Sragen Jawa Tengah

JANJI ALLAH ADALAH HAQ, JANGAN DITIPU OLEH DUNIA DAN SYAITHAN

Diterbitkan : - Kategori : Ustadz Muslim Atsari

AYAT-AYAT AL-QUR’AN PANGGILAN AR-ROHMAN KEPADA INSAN

QS. Faathir/35: 5-7

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّ وَعْدَ اللّٰهِ حَقٌّ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَاۗ وَلَا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللّٰهِ الْغَرُوْرُ – ٥

اِنَّ الشَّيْطٰنَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوْهُ عَدُوًّاۗ اِنَّمَا يَدْعُوْا حِزْبَهٗ لِيَكُوْنُوْا مِنْ اَصْحٰبِ السَّعِيْرِۗ – ٦

اَلَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيْدٌ ەۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَّاَجْرٌ كَبِيْرٌ ࣖ – ٧

“Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah.
Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.
Orang-orang yang kafir bagi mereka azab yang keras. Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh bagi mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Faathir/35: 5-7)

📌 PETUNJUK-PETUNJUK AYAT:

[1️⃣] Peringatan Alloh kepada manusia bahwa janji Allah tentang Hari Kiamat adalah benar, tidak ada keraguan padanya.

[2️⃣] Nasehat Alloh kepada manusia agar tidak terperdaya kehidupan dunia, dengan memburu kesenangan dunia semata, lalai memburu kebaikan akhirat. Padahal dunia itu fana, sedangkan akhirat itu kekal adanya.

[3️⃣] Nasehat Alloh kepada manusia agar tidak terperdaya tipuan syaitan yang pandai menipu, sehingga terus berbuat maksiat, menunda taubat, padahal ajal itu sangat dekat.

[4️⃣] Syaitan itu adalah musuh manusia, dan musuh itu akan mencelakakan musuhnya. Maka jadikan syaithan itu musuh, jangan ikuti bisikannya yang menghalangi untuk melaksanakan perintah Alloh, dan mendorong untuk menerjang laranganNya.

[5️⃣] Tujuan syaitan itu hanya mengajak manusia supaya menjadi kawannya di dalam neraka yang menyala-nyala.

[6️⃣] Orang-orang yang kafir, yang mengingkari Hari Kiamat, mendustakan berita Alloh dan Rosul-Nya akan mendapatkan SIKSA YANG KERAS.

[7️⃣] Orang-orang yang beriman dengan hati mereka dan mengerjakan amal saleh yang dituntunkan dengan anggota badan mereka, bagi akan mendapatkan AMPUNAN dan PAHALA yang besar.

🌷Inilah sedikit penjelasan tiga ayat yang agung ini. Semoga Alloh selalu membimbing kita di atas jalan yang lurus.🌷

Ditulis oleh Muslim Atsari,
Sragen, Jum’at bakda isya’, 30-Romadhon-1441 H / 22-Mei-2020 M

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.