JAMINAN SURGA, ORANG YANG MELAKSANAKAN RUKUN ISLAM

Tak Berkategori

HADITS HADITS TENTANG SHOLAT LIMA WAKTU KE 28

HADITS ABUD DARDA’

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” خَمْسٌ مَنْ جَاءَ بِهِنَّ مَعَ إِيمَانٍ دَخَلَ الْجَنَّةَ: مَنْ حَافَظَ عَلَى الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ عَلَى وُضُوئِهِنَّ وَرُكُوعِهِنَّ وَسُجُودِهِنَّ وَمَوَاقِيتِهِنَّ، وَصَامَ رَمَضَانَ، وَحَجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا، وَأَعْطَى الزَّكَاةَ طَيِّبَةً بِهَا نَفْسُهُ، وَأَدَّى الْأَمَانَةَ ” قَالُوا: يَا أَبَا الدَّرْدَاءِ، وَمَا أَدَاءُ الْأَمَانَةِ قَالَ: «الْغُسْلُ مِنَ الْجَنَابَةِ»

Dari Abud-Darda’, dia berkata: Rasulullah sholallohu ‘alaihi was sallam bersabda: “Ada lima perkara, barangsiapa yang melakukannya bersama dengan keimanan, dia akan masuk sorga. Barangsiapa menjaga sholat lima waktu, menjaga wudhu’nya, ruku’nya, sujudnya, dan waktu-waktunya. Berpuasa bulan Romadhon. Berhaji ke baitulloh, jika mampu pergi ke sana. Memberikan zakat dengan senang hati. Melaksanakan amanah”. Mereka bertanya, “Wahai Abu ad-Darda’, apa maksud melaksanakan amanah?” Dia menjawab, “Mandi dari sebab janabat”.

(HR. Abu Dawud, no. 429. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Shohih Sunan Abi Dawud, no. 457; dan Shohih at-Targhib wat Tarhib, no. 738)

FAWAID HADITS:
Ada beberapa faedah yang bisa kita ambil dari hadits ini, antara lain:

  1. Kewajiban meyakini adanya sorga dan neraka.
  2. Amal-amal sholih adalah sebab masuk sorga. Di dalam hadits ini disebutkan lima amal sholih penyebab masuk sorga.
  3. Di antara amal sholih penyebab masuk sorga adalah menjaga sholat lima waktu, yaitu menjaga wudhu’nya, ruku’nya, sujudnya, dan waktu-waktunya.
  4. Di antara amal sholih penyebab masuk sorga adalah berpuasa bulan Romadhon.
  5. Di antara amal sholih penyebab masuk sorga adalah berhaji ke baitulloh.
  6. Di antara amal sholih penyebab masuk sorga adalah memberikan zakat.
  7. Semua amalan harus dilakukan dengan senang hati, bukan dengan berat hati. Sebab ibadah adalah ketaatan yang disetai puncak kecintaan dan pengagungan.
  8. Di antara amal sholih penyebab masuk sorga adalah melaksanakan amanah.
  9. Amanah mencakup amanah dari Allah dan dari manusia. Termasuk amanah dari Allah adalah mandi janabat.

Inilah sedikit penjelasan tentang hadits yang agung ini. Semoga Alloh selalu memudahkan kita untuk melaksanakan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan. Dan selalu membimbing kita di atas jalan kebenaran menuju sorga-Nya yang penuh kebaikan.

Ditulis oleh Muslim Atsari,
Sragen, Dhuha Senin, 24-Shofar-1442 H / 12-Oktober-2020 M

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.