Doa Seorang Istri Yang Dicerai

Konsultasi Syariah, Tak Berkategori

Bismillah. Ustadz, doa apa yg sebaiknya didoakan oleh seorang istri yg dicerai, untuk suaminya yg telah mentalaknya . Apakah doa agar mendapat hidayah? bolehkah berdoa minta disatukan kembali (dalam pernikahan) dan dikokohkan dalam ketakwaan/ketaatan kpd Allah?

Jawaban:
Pertama:
Hendaklah anda bersabar menghadapi ujian. Sebab semua kejadian dengan qodar Alloh Ta’ala, termasuk perceraian. Maka bersabar, tidak putus asa, dan tetap bertaqwa kepada Alloh adalah solusi pertama.
Alloh Ta’ala berfirman:
مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin (qodar) Allah; Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. Ath-Thaghobun/64: 11)

Alloh Ta’ala berfirman mengiringi hukum-hukum masalah perceraian:
وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا (2) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا (3)
Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.
Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. Ath-Tholaq/65: 2-3)

Kedua:
Kemudian perlu anda instropeksi, mungkin memiliki kesalahan-kesalahan yang perlu untuk diperbaiki. Karena berbagai musibah yang menimpa seringkali disebabkan kesalahan kita,
Ketiga:
Adapun tentang doa, ketika anda merasa masih mencintai mantan suami, disebabkan agama dan akhlaqnya yang sebenarnya baik, namun sedang ada permasalahan sehingga menceraikan anda, maka tidak mengapa anda mendoakan kebaikan baginya agar mendapatkan hidayah, atau agar disatukan kembali di dalam pernikahan dan dikokohkan dalam ketaatan kepada Allah. Karena bisa jadi dengan sebab emosi, suami menceraikan istri, kemudian menyesal dan ingin kembali lagi.
Namun apapun yang terjadi, kita tetap harus berprasangka baik kepada Alloh, sesungguhnya Alloh Maha Pengasih dan Penyanyang kepada hamba-hambaNya yang beriman.
Semoga Alloh menganugerahkan kebaikan kepada kita semua, di dunia dan akhirat.

Dijawab oleh Muslim Atsari,
Ponpes Ibnu Abbas As-Salafiy
Sragen, Bakda Ashar Rabu, 9-Robiul Akhir-1442 H / 25-November-2020 M

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.