Info Pondok
Friday, 03 Feb 2023
  • Pondok pesantren ibnu abbas sragen yang beralamatkan di Beku Kliwonan Masaran Sragen Jawa Tengah

Proposal Pembangunan Kelas dan Asrama Selatan

Proposal Pembangunan Kelas dan Asrama

Nomor     :

Perihal     : Proposal Pembangunan  Sarana dan Prasarana Pendidikan

Kepada Yth;

Bapak/Ibu/Saudara _______________________

Assalâmu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Rahmat dan inayah Allah Ta’ala serta barakah hidup semoga selalu menyertai Bapak/Ibu/Sdr. dalam menjalani aktivitas.

Pondok Pesantren Ibnu Abbas As Salafy Masaran, Sragen adalah rintisan lembaga yang didirikan dengan niat berkhidmah kepada umat dalam pengembangan bidang pendidikan islam. Menurut rencana dan mengharap izin Allah Ta’ala, pesantren ini akan mengembangkan pendidikan jenjang pendidikan menengah untuk kalangan menengah ke bawah dengan tetap mempertahankan kualitas, dengan memadukan kurikulum nasional dan diniyah pesantren serta program unggulan hapalan al-Qur`an 30 juz.

Kaum muslimin dari berbagai daerah menyambut dengan amat antusias adanya lembaga pendidikan semacam ini di wilayah Jawa Tengah, khususnya Sragen dan sekitarnya. Hingga saat ini jumlah santri telah mencapai 300 (tiga ratus) lebih dan telah meluluskan 3 (tiga) periode untuk tingkat Madrasah Aliyah. Artinya dalam waktu kurang dari 10 (sepuluh) tahun, jumlah santri yang tinggal di pesantren telah meningkat 15% dengan perbandingan awal berdiri hanya sekitar 50 santri. Melihat sambutan yang sedemikian besar maka ditargetkan pada tahun ajaran baru ini akan mencapai 400 (empat ratus) santri lebih.

Untuk rencana ini, sangat banyak kebutuhan fisik dan finansial yang sekiranya menuntut uluran sumbangsih dan derma dari para muhsinin. Total dana yang kami butuhkan dalam rencana ini sebesar + Rp. 650,000,000 (enam ratus lima puluh juta rupiah). Rinci kebutuhan tersebut sebagai terlampir.

Berdasarkan hal tersebut, kami sangat mengharap sumbangsih, derma, dan bantuan Bapak/Ibu/Sdr. untuk mewujudkan niat mulia ini.

Semoga amal jariyah yang diberikan akan Allah SWT balas dengan ganjaran berlipat ganda.

Jazâkumullah ahsanal jazâ`.

Sragen, 21 Maret 2015

PANITIA PEMBANGUNAN

PONDOK PESANTREN IBNU ABBAS AS SALAFY

MASARAN SRAGEN JAWA TENGAH

Wakil Mudir Kerumahtanggaan

 

 

Sahirman, Lc.

Ketua Panitia Pembangaunan

 

 

Abu Najib

 

Pimpinan Pesantren  Ibnu Abbas As Salafy

 (Kholid Syamhudi, Lc.)

PROPOSAL
PEMBANGUNAN ASRAMA DAN KELAS BARU

PONDOK PESANTREN IBNU ABBAS AS SALAFY SRAGEN

 

PENDAHULUAN

Pembangunan manusia seutuhnya merupakan keutamaan dari hakikat pembangunan nasional. Dengan keutuhan jiwa dan raga, cita-cita lahirnya masyarakat yang adil dan makmur akan terwujud. Dan menjadi tugas dunia pendidikan untuk bahu membahu mempersiapkan sumber daya manusia dan kader-kader penerus bangsa yang tak hanya terdepan secara fisik, tapi juga digjaya dalam mental dan spiritual.

Pendidikan dan pengajaran berbasis pesantren menjadi salah satu instrumen pembangunan mental, intelektual dan spiritual yang komprehensif ini. Perjuangan dan perjalanan sejarah Bangsa Indonesia telah membuktikan besarnya manfaat dari khidmah yang dilakukan Pondok Pesantren bagi kemakmuran Tanah Air.

Sejak dirintis tahun 2002-an silam, Pondok Pesantren Ibnu Abbas As Salafy pun telah dicanangkan untuk menjadi salah satu pilar perjuangan mulia ini. Misi utamanya adalah menjadi lembaga pendidikan islam dengan biaya terjangkau dengan tetap mempertahankan kualitas.

Kenyataannya banyak orang tua dari kalangan kaum muslimin yang memang kebanyakan dhuafa pada akhirnya tertarik dengan misi pesantren ini. Sehingga dalam waktu kurang dari 1 (satu) dekade mengalami peningkatan jumlah santri tinggal di pondok sebesar 15%.  Harapannya, jumlah ini akan terus meningkat di masa mendatang secara signifikan.

Dalam menjalankan misi besar tersebut, tentu dibutuhkan tersedianya sarana dan prasarana pendidikan, serta berbagai kelengkapannya. Dan berbagai upaya terus dilakukan pihak pengelola, namun keterbatasan finansial tak dapat dihindari dalam rangka pemenuhan kebutuhan yang ada. Hingga tentunya, perhatian pemerintah dan partisipasi seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan agar institusi pendidikan ini mampu berkembang dan memberi kontribusi positif bagi pembangunan generasi bangsa.

DASAR PEMIKIRAN

Al-Qur`an surah at-Taubah ayat 122:

9_122

Tidak sepatutnya bagi mukminin pergi seluruhnya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka dapat menjaga diri.”

TUJUAN PEMBANGUNAN

1. Memenuhi kebutuhan sarana belajar yang makin hari makin banyak menyesuaikan kebutuhan kaum muslimin terhadap pendidikan islam.

2. Membangun dan mempersiapkan tambahan ruang kelas dan asrama baru, demi memenuhi kebutuhan  santri dalam belajar dan bertempat tinggal.

3. Meningkatkan kepedulian kaum muslimin terhadap sarana pendidikan dalam rangka syi’ar Islam.

 

RENCANA PEMBANGUNAN

Dalam rencana induk pembangunan, pengelola memprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan ruang kelas sebanyak 2 lokal dan juga asrama sebanyak dua lokal dulu tahun ini. Rencana alokasi biaya sebagaimana terlampir. Tahun depannya lagi baru ditargetkan untuk memenuhi total kebutuhan fisik gedung kelas dan asrama sebanyak 10 lokal.

 

RENCANA SUMBER DANA

Untuk merealisasikan hal-hal tersebut, pengelola berusaha menjaring donasi dari kalangan muhsinin, simpatisan dan jamaah majelis ta’lim, serta membina hubungan baik secara kelembagaan dengan pihak pemerintah dan instansi terkait.

Donasi dapat disampaikan langsung ke sekretariat PP Ibnu Abbas As Salafy atau transfer ke

No. Rek. 7800870083 Bank Syariah Mandiri a.n PONPES IBNU ABBAS AS SALAFY

 

PENUTUP

Partisipasi aktif kaum muslimin dalam membantu terlaksananya amanah pembangunan kelas dan asrama tambahan ini sangat dibutuhkan. Hanya kepada Allah, kita memohon taufîq dan hidayah-Nya. Semoga rencana ini terlaksana dan mendapat ridha dan rahmat-Nya. Âmîn.

Demikian, dan atas perhatian serta bantuannya kami haturkan terima kasih.

Jazâkumullah bi ahsanil-jazâ`.

Sragen, 21 Maret 2015

PANITIA PEMBANGUNAN

PONDOK PESANTREN IBNU ABBAS AS SALAFY

MASARAN SRAGEN JAWA TENGAH

Wakil Mudir Kerumahtanggaan

 

 

Sahirman, Lc.

Ketua Panitia Pembangaunan

 

 

Abu Najib

 

Pimpinan Pesantren  Ibnu Abbas As Salafy

 (Kholid Syamhudi, Lc.)

Halaman ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.