Info Pondok
Friday, 02 Dec 2022
  • Pondok pesantren ibnu abbas sragen yang beralamatkan di Beku Kliwonan Masaran Sragen Jawa Tengah

Mengembangkan Skill Mebaca Dan Menulis Ulasan

Diterbitkan : - Kategori : Berita

BINABBAS.ORG – PPIA Sragen.  Para santri sedang dbelajar di perpustakaan dalam rangka Mengembangkan Skill Mebaca Dan Menulis Ulasan, Dibimbing oleh Ustadz Akmal fais.

Membaca merupakan kegiatan melihat dan memahami isi tulisan, yang mana menjadi modal untuk meningkatkan kemampuan menulis seseorang. Membaca erat kaitannya dengan kemampuan menulis seseorang. Dengan memperbanyak bacaan akan memperkaya perbendaharaan kata yang dimiliki oleh setiap individu. Semakin kaya kosakata yang dimiliki seseorang, akan semakin berwarna pula tulisan yang dibuatnya. Membaca menurut KBBI memiliki arti melihat dan memahami arti dari apa yang tertulis.

Sedangkan menurut Dalman (2014:5) menyatakan membaca merupakan suatu kegiatan atau proses kognitif yang berupaya untuk menemukan berbagai informasi yang terdapat dalam tulisan. Hal tersebut berarti bahwa dalam proses membaca, individu berpikir dan berusaha memahami isi dari tulisan. Artinya membaca bukan hanya melihat kumpulan huruf yang membentuk kata dan kalimat, melainkan memahami apa arti dari kumpulan huruf tersebut. Semakin banyak bacaan yang telah diselesaikan oleh seseorang, akan semakin banyak pula hal baru yang dimengerti oleh individu tersebut. Sejalan dengan ungkapan bahwa buku adalah jendela dunia, yang artinya dengan membaca buku, individu mampu memahami isi dunia tanpa perlu menjelajahi dunia tersebut. Dengan membaca, informasi yang didapatkan oleh setiap individu mampu menambah pengetahuan tentang hal apapun yang dibacanya.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.