FATWA LAJNAH DAIMAH LILBUHUTS AL-ILMIYAH WALIFTA’
JILID 1 TENTANG AQIDAH
Disusun oleh: ASY-SYAIKH AHMAD BIN ABDURRAZAQ AD-DUWAISY
فتوى رقم (4144):
س: هنا شخص عبد غير الله أو دعا غير الله أو ذبح لشيخ كما يحدث في مصر, فهل يعذر بجهله أم لا يعذر بجهل؟ وإذا كان لا عذر بجهل فما الرد على قصة ذات أنواط؟ أفتونا مأجورين.
ج: لا يعذر المكلف بعبادته غير الله أو تقربه بالذبائح لغير الله أو نذره لغير الله ونحو ذلك من العبادات التي هي من اختصاص الله إلا إذا كان في بلاد غير إسلامية،ولم تبلغه الدعوة فيعذر لعدم البلاغ لا لمجرد الجهل; لما رواه مسلم عن أبي هريرة عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: والذي نفس محمد بيده لا يسمع بي أحد من هذه الأمة يهودي ولا نصراني ثم يموت ولم يؤمن بالذي أرسلت به إلا كان من أصحاب النار فلم يعذر النبي صلى الله عليه وسلم من سمع به, ومن يعيش في بلاد إسلامية قد سمع بالرسول صلى الله عليه وسلم فلا يعذر في أصول الإيمان بجهله.
أما من طلبوا من النبي صلى الله عليه وسلم أن يجعل لهم ذات أنواط يعلقون بها أسلحتهم فهؤلاء كانوا حديثي عهد بكفر،وقد طلبوا فقط ولم يفعلوا فكان ما حصل منهم مخالفا للشرع, وقد أنكره عليهم النبي صلى الله عليه وسلم فلم يفعلوه.
وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد, وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو | عضو | نائب رئيس اللجنة | الرئيس |
عبد الله بن قعود | عبد الله بن غديان | عبد الرزاق عفيفي | عبد العزيز بن عبد الله بن باز |
(Hukum) Seseorang yang Menyembah Selain Allah atau Berdo’a kepada selain-Nya atau Menyembelih untuk Seorang Syaikh
Fatwa nomor 4144:
Pertanyaan: Disini ada seseorang yang menyembah selain Allah atau berdo’a kepada selain-Nya atau menyembelih untuk seorang syaikh seperti yang terjadi di Mesir. Apakah ia diberi udzur dengan kejahilannya ataukah tidak diberi udzur? Jika tidak diberi udzur dengan kejahilannya, apa bantahan pada kisah dzatu anwath? Berilah fatwa kepada kami, semoga anda sekalian mendapat pahala dari Allah.
Jawab: Seorang mukallaf tidak diberi udzur dalam beribadah kepada selain Allah atau mendekatkan diri dengan menyembelih untuk selain Allah atau bernadzar untuk selain Allah dan ibadah-ibadah lainnya yang merupakan kekhususan bagi Allah kecuali jika ia berada di negeri bukan negeri Islam dan belum sampai dakwah kepadanya maka ia diberi udzur karena tidak ada dakwah bukan karena kebodohan semata; berdasarkan hadits riwayat Imam Muslim, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahwasanya beliau bersabda: “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah seseorang mendengar tentangku dari umat ini baik seorang Yahudi ataupun Nasrani kemudian ia tidak beriman dengan yang aku bawa melainkan termasuk penghuni neraka.” Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam tidak memberi udzur siapa saja yang telah mendengar tentang beliau. Barangsiapa tinggal di negeri Islam dan mendengar tentang Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam tidak diberi udzur dalam perkara-perkara pokok keimanan hanya berdasarkan kejahilan (kebodohannya) semata.
Adapun permintaan orang-orang kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alahi wasallam agar beliau membuatkan dzatu anwath untuk menaruh senjata-senjata mereka (agar lebih hebat) maka mereka ini baru saja masuk Islam. Mereka baru sebatas meminta dan belum melakukan (belum menaruh senjata-senjata mereka). Apa yang terjadi di antara mereka merupakan perbuatan yang menyelisihi syari’at sehingga Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam mengingkari mereka maka mereka tidak jadi melakukannya.
Semoga Allah memberi taufiq dan semoga shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.
Komite Tetap Riset Ilmiyah dan Fatwa
Ketua : Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Wakil ketua : Abdurrazaq ‘Afifi
Anggota : Abdullah bin Ghudayan
Anggota : Abdullah bin Qu’ud
(Sumber : Fatwa lajnah daimah lilbuhuts al-ilmiyah walifta’ tentang aqidah yang disusun oleh Syaikh Ahmad bin Abdurrazaq Ad-Duwaisy, dari situs www.dorar.net atau mauqi’u ad-durar as-saniyah).
Beri Komentar