USAHA AHLUL KITAB MEMURTADKAN KAUM MUSLIMIN

Ustadz Muslim Atsari

PANGGILAN AR-ROHMAN KEPADA ORANG-ORANG YANG BERIMAN

QS. Ali Imroon/3: 100-101

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنْ تُطِيْعُوْا فَرِيْقًا مِّنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ يَرُدُّوْكُمْ بَعْدَ اِيْمَانِكُمْ كٰفِرِيْنَ – ١٠٠

وَكَيْفَ تَكْفُرُوْنَ وَاَنْتُمْ تُتْلٰى عَلَيْكُمْ اٰيٰتُ اللّٰهِ وَفِيْكُمْ رَسُوْلُهٗ ۗ وَمَنْ يَّعْتَصِمْ بِاللّٰهِ فَقَدْ هُدِيَ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ ࣖ – ١٠١

“Hai orang-orang yang beriman, jika kamu mengikuti sekelompok orang dari Ahlul Kitab (orang-orang yang diberi Al-Kitab, yaitu Yahudi dan Nashoro), niscaya mereka akan mengembalikan kamu menjadi orang kafir sesudah kamu beriman.
Bagaimanakah kamu (sampai) menjadi kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepada kamu, dan Rasul-Nya pun berada di tengah-tengah kamu? Barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sesungguhnya dia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (QS. Ali Imroon/3: 100-101)

💦 PETUNJUK-PETUNJUK AYAT:

[1️⃣] Peringatan Alloh kepada orang-orang yang beriman untuk tidak mengikuti sekelompok orang dari Ahlul Kitab, yaitu Yahudi dan Nashoro, agar tidak murtad. Ini merupakan bimbingan dan kasih sayang Alloh kepada orang-orang yang beriman.

[2️⃣] Banyak orang dari Ahlul Kitab, menginginkan kaum muslimin menjadi murtad, keluar dari agama Islam. Maka kaum muslimin harus selalu waspada dan berhati-hati. (Lihat QS. Al-Baqoroh/2: 109)

[3️⃣] Bukti kebenaran Al-Qur’an sebagai kitab Alloh, yaitu membongkar rencana rahasia sekelompok orang dari Ahlul Kitab untuk memurtadkan kaum muslimin.

[4️⃣] Banyak orang dari Ahlul Kitab, yaitu Yahudi dan Nashoro, mengetahui kebenaran agama Islam, namun mereka memusuhi kaum muslimin karena hasad (iri). (Lihat QS. Al-Baqoroh/2: 109)

[5️⃣] Kesalahan anggapan semua agama itu sama.

[6️⃣] Di antara sebab terbesar tetap teguh di dalam Islam adalah memahami ayat-ayat Al-Qur’an dengan penjelasan ulama.

[7️⃣ ] Di antara sebab terbesar tetap teguh di dalam Islam adalah memahami Sunnah Nabi dan mengamalkannya.

[8️⃣] Di antara tugas Rasululloh sholallohu ‘alaihi wassallam adalah membacakan ayat-ayat Allah kepada manusia. Dan tugas tersebut dilanjutkan oleh para Ulama pewaris Nabi.

[9️⃣] Berpegang teguh kepada agama Allah, berdoa dan bertawakkal kepada Alloh adalah sebab utama mendapatkan hidayah (petunjuk) kepada jalan yang lurus.

Inilah sedikit penjelasan dua ayat yang agung ini. Semoga Alloh selalu membimbing kita di atas jalan yang lurus.

Ditulis oleh Muslim Atsari,
Sragen, Bakda Isya Jum’at, 21-Syawal-1441 H / 12-Juni-2020 M

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.