SHOLAT, PUASA, ZAKAT, BAGIAN ISLAM TERPENTING SETELAH SYAHADAT

Ustadz Muslim Atsari

HADITS HADITS TENTANG SHOLAT LIMA WAKTU

HADITS ‘AISYAH:

عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” ثَلَاثٌ أَحْلِفُ عَلَيْهِنَّ، لَا يَجْعَلُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ مَنْ لَهُ سَهْمٌ فِي الْإِسْلَامِ كَمَنْ لَا سَهْمَ لَهُ، وَأَسْهُمُ الْإِسْلَامِ ثَلَاثَةٌ: الصَّلَاةُ، وَالصَّوْمُ، وَالزَّكَاةُ، وَلَا يَتَوَلَّى اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَبْدًا فِي الدُّنْيَا فَيُوَلِّيهِ غَيْرَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَلَا يُحِبُّ رَجُلٌ قَوْمًا إِلَّا جَعَلَهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ مَعَهُمْ، وَالرَّابِعَةُ لَوْ حَلَفْتُ عَلَيْهَا رَجَوْتُ أَنْ لَا آثَمَ: لَا يَسْتُرُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَبْدًا فِي الدُّنْيَا إِلَّا سَتَرَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ “

Dari Aisyah, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ada tiga hal yang saya bersumpah terhadap ketiganya:
1) Allah Azza wa Jalla tidak akan menjadikan seseorang yang mempunyai bagian penting dalam Islam seperti orang yang tidak memiliki bagian penting dalam Islam. Bagian-bagian penting dalam Islam ada tiga: shalat, puasa, dan zakat.
2) Allah Azza wa Jalla tidak membela seorang hamba di dunia, namun di akherat Dia justeru menyerahkan kepada selain-Nya untuk membelanya.
3) Seseorang tidak mencintai sekelompok orang, melainkan Allah Azza wa Jalla akan menjadikannya bersama mereka.
Dan yang keempat, kalau saya bersumpah atasnya, saya berharap tidak berdosa: Allah Azza wa Jalla tidak menutupi aib seorang hamba di dunia, melainkan Allah juga menutup aibnya pada hari kiamat.”
(HR. Ahmad, no. 2521. Syaikh Syu’aib al-Arnauth berkata: “Hadits Hasan lighoirihi”. Syaikh Al-Albani memasukkan hadits ini di dalam kitab Silsilah al-Ahadits ash-Shohihah, no. 1387, sebab memiliki banyak jalur riwayat yang menguatkannya).

FAWAID HADITS:
Ada beberapa faedah yang bisa kita ambil dari hadits ini, antara lain:

1- Boleh bersumpah untuk menguatkan perkataan.

2- Keimanan dan keislaman seseorang bertingkat-bertingkat, tidak satu derajat. Maka jika kita melihat seseorang berbuat salah, bisa jadi dia belum tahu, sehingga perlu diingatkan dengan cara yang baik.

3- Islam memiliki banyak bagian, di antara bagian terpenting setelah syahadat adalah tiga: shalat, puasa, dan zakat.

4- Allah Azza wa Jalla akan membela hamba-Nya yang beriman di dunia dan di akherat.

5- Allah Azza wa Jalla akan mengumpulkan seseorang dengan orang-orang yang dia cintai. Maka hendaklah kita mencintai para Nabi, sahabat Nabi, dan orang-orang sholih, sehingga di akhirat akan dikumpulkan bersama mereka.

6- Janganlah mencintai orang-orang kafir, munafiq, dan fasiq, sehingga di akhirat akan dikumpulkan bersama mereka

7- Di antara nikmat Allah Azza wa Jalla kepada seorang hamba adalah Allah menutupi aibnya di dunia dan di akhirat.

8- Ketika seseorang telah berbuat dosa, dia wajib bertaubat kepada Allah, dan menutupi aibnya, yaitu tidak menceritakan kepada siapapun.

Ditulis oleh Muslim Atsari,
Sragen, Bakda Ashar Rabu, 21-Muharrom-1442 H / 9-September-2020 M

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.