PERINTAH MASUK ISLAM KESELURUHAN, LARANGAN MENGIKUTI LANGKAH SETAN

Ustadz Muslim Atsari

QS. Al-Baqoroh/2: 208-209

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ – ٢٠٨

فَاِنْ زَلَلْتُمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْكُمُ الْبَيِّنٰتُ فَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ – ٢٠٩

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.
Tetapi jika kamu menyimpang (dari jalan Allah) sesudah datang kepadamu bukti-bukti kebenaran, maka ketahuilah, bahwasanya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al-Baqoroh/2: 208-209)

📕 PETUNJUK-PETUNJUK AYAT:
[ 1️⃣ ] Alloh Ta’ala memerintahkan orang-orang yang beriman untuk memegangi semua syari’at Islam, melaksanakan semua perintahnya dan meninggalkan semua larangannya, semampu mereka. (Lihat Tafsir Ibnu Katsir)

[ 2️⃣ ] Janganlah seseorang mengikuti hawa nafsunya di dalam beragama.
Jika syari’at Islam sesuai dengan hawa nafsunya, dia melaksanakannya. Namun jika syari’at Islam tidak sesuai dengan hawa nafsunya, dia meninggalkannya.

[ 3️⃣ ] Masuk ke dalam Islam keseluruhan, harus dengan meninggalkan langkah-langkah syaitan, sebab syaitan mengajak maksiat, yaitu meninggalkan perintah Alloh dan melaksanakan laranganNya.

[ 4️⃣ ] Syaitan adalah musuh yang nyata bagi manusia, apalagi orang-orang yang beriman. Syaitan mengajak kepada perkara dosa, keji, dan yang mencelakakan.

[ 5️⃣ ] Ancaman keras menyimpang dari jalan Allah sesudah datang ilmu dan bukti-bukti kebenaran.

[ 6️⃣ ] Beriman kepada nama Alloh Al-‘Aziiz, Yang Maha Perkasa, dan sifat Alloh al-‘izzah (perkasa; kuasa; mulia), dan bahwa Alloh berkuasa menyiksa orang yang menyimpang dari jalanNya sesudah datang ilmu kepadanya.

[ 7️⃣ ] Beriman kepada nama Alloh Al-Hakiim, Yang Maha Bijaksana, dan sifat Alloh al-hikmah (Maha Bijaksana), dan termasuk kebijaksanaan Alloh adalah menyiksa orang-orang yang berbuat maksiat dan kejahatan.

Inilah sedikit penjelasan dua ayat yang agung ini. Semoga Alloh selalu membimbing kita di atas jalan yang lurus.

Ditulis oleh Muslim Atsari,
Sragen, Dhuha Jum’at, 13-Syawal-1441 H / 5-Juni-2020 M

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.