ORANG YANG SHOLAT MENDAPATKAN PERLINDUNGAN ALLAH

Ustadz Muslim Atsari

HADITS HADITS TENTANG SHOLAT LIMA WAKTU

HADITS ANAS BIN MALIK:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى صَلَاتَنَا وَاسْتَقْبَلَ قِبْلَتَنَا وَأَكَلَ ذَبِيحَتَنَا فَذَلِكَ الْمُسْلِمُ الَّذِي لَهُ ذِمَّةُ اللَّهِ وَذِمَّةُ رَسُولِهِ فَلَا تُخْفِرُوا اللَّهَ فِي ذِمَّتِهِ

Dari Anas bin Malik, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa shalat seperti shalat kita, menghadap ke arah kiblat kita dan memakan sembelihan kita, maka dia adalah seorang Muslim, ia memiliki perlindungan dari Allah dan Rasul-Nya. Maka janganlah kalian mendurhakai Allah dengan mencederai perlindungan-Nya.” (HR. Al-Bukhori, no. 384; An-Nasai, no. 4997)

HADITS ABU BAKAR:

عَنْ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا تُخْفِرُوا اللَّهَ فِي عَهْدِهِ فَمَنْ قَتَلَهُ طَلَبَهُ اللَّهُ حَتَّى يَكُبَّهُ فِي النَّارِ عَلَى وَجْهِهِ

Dari Abu Bakr Ash-Shiddiiq, dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa menunaikan shalat shubuh maka dia berada di bawah perlindungan Allah, oleh karena itu janganlah kalian melanggar perjanjian Allah. Barangsiapa membunuhnya, maka Allah akan menuntutnya sehingga melemparkan wajahnya ke dalam neraka.” (HR. Ibnu Majah, no. 3945. Dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani)

FAWAID HADITS:
Ada beberapa faedah yang bisa kita ambil dari hadits-hadits ini, antara lain:

1- Hukum manusia di dunia sesuai dengan lahiriyahnya. Barangsiapa shalat seperti shalat kaum muslimin, menghadap ke arah ka’bah, dan memakan sembelihan mereka, maka dia adalah seorang Muslim.

2- Kedudukan sholat yang agung. Karena orang yang menunaikan sholat memiliki perlindungan dari Allah Ta’ala.

3- Keutamaan shalat shubuh, sebab disebut secara khusus.

4- Larangan melanggar hak orang muslim yang taat, sebab dia memiliki perlindungan dari Allah, sehingga Allah akan membelanya.

5- Bahaya membunuh seorang muslim yang menunaikan sholat. Karena Allah akan menuntutnya sehingga melemparkan wajahnya ke dalam neraka.

6- Beriman adanya sorga dan neraka.

7- Pengaruh iman kepada adanya sorga dan neraka.

Ditulis oleh Muslim Atsari,
Sragen, Bakda ‘Isya Rabu, 22-Muharrom-1442 H / 9-September-2020 M

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.