JANGAN GUGURKAN PAHALA SEDEKAHMU

Ustadz Muslim Atsari

PANGGILAN AR-ROHMAN KEPADA ORANG-ORANG YANG BERIMAN

QS. Al-Baqoroh/2: 264

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُبْطِلُوْا صَدَقٰتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْاَذٰىۙ كَالَّذِيْ يُنْفِقُ مَالَهٗ رِئَاۤءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ فَمَثَلُهٗ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَاَصَابَهٗ وَابِلٌ فَتَرَكَهٗ صَلْدًا ۗ لَا يَقْدِرُوْنَ عَلٰى شَيْءٍ مِّمَّا كَسَبُوْا ۗ وَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْكٰفِرِيْنَ – ٢٦٤

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian.
Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.” (QS. Al-Baqoroh/2: 264)

💡 PETUNJUK-PETUNJUK AYAT:

[ 1️⃣ ] Alloh Ta’ala Maha Kasih dan Maha Baik, memberikan peringatan kepada orang-orang yang beriman agar pahala sedekah mereka tidak gugur.

[ 2️⃣ ] Menyebut-nyebut sedekah dan menyakiti perasaan si penerimanya membatalkan pahala sedekah, walaupun diawalnya dengan niat yang ikhlas. Maka kita harus menjauhi sifat buruk ini.

[ 3️⃣ ] Riya’ di dalam sedekah membatalkan pahala sedekah.
Riya’ secara bahasa artinya: memperlihatkan. Riya’ di dalam sedekah yaitu bersedekah dengan niat dipuji manusia, atau terkenal (viral) dengan sifat-sifat kebaikan sehingga disebut-sebut oleh manusia, atau agar dikatakan sebagai orang dermawan, atau tujuan-tujuan duniawi lainnya.

[ 4️⃣ ] Faktor pendorong riya’ adalah tidak beriman kepada Allah dan Hari Kiamat.

[ 5️⃣ ] Orang yang beriman kepada Allah dan Hari Kiamat akan berusaha ikhlas di dalam seluruh amalannya, termasuk sedekahnya, menjauhi riya’, tidak menyebut-nyebut sedekah dan menyakiti perasaan si penerimanya.

[ 6️⃣ ] Perumpamaan sedekah orang yang riya’ atau menyebut-nyebut sedekah dan menyakiti perasaan si penerimanya, seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu batu itu menjadi bersih tidak bertanah. Yaitu hilang semuanya, seperti amalan mereka binasa di hadapan Alloh Ta’ala.

[ 7️⃣ ] Petunjuk Alloh diraih dengan amal sholih yang didasari iman dan ikhlas sebab Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.

Inilah sedikit penjelasan dari ayat yang agung ini. Semoga Alloh selalu membimbing kita di atas jalan yang lurus.

Ditulis oleh Muslim Atsari,
Sragen, Dhuha Jum’at, 13-Syawal-1441 H / 5-Juni-2020 M

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.