PERINTAH BERPAKAIAN YANG BAIK KETIKA PERGI KE MASJID

Ustadz Muslim Al-Atsari

AYAT-AYAT AL-QUR’AN PANGGILAN AR-ROHMAN KEPADA INSAN

QS. Al-A’roof/7: 31-32

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ ࣖ – ٣١ ۞

قُلْ مَنْ حَرَّمَ زِيْنَةَ اللّٰهِ الَّتِيْٓ اَخْرَجَ لِعِبَادِهٖ وَالطَّيِّبٰتِ مِنَ الرِّزْقِۗ قُلْ هِيَ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا خَالِصَةً يَّوْمَ الْقِيٰمَةِۗ كَذٰلِكَ نُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ – ٣٢

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.
Katakanlah: “Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan) rezki yang baik?” Katakanlah: “Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat.” Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui.
(QS. Al-A’roof/7: 31-32)

💐 PETUNJUK-PETUNJUK AYAT:

[ 1️⃣ ] Perintah Alloh kepada manusia untuk memakai pakaian yang baik di setiap memasuki masjid, baik untuk thowaf, sholat, atau lainnya.
Ayat ini adalah bantahan kepada orang-orang musyrik Arab yang thowaf di ka’bah dengan telanjang, sebagaimana diriwayatkan oleh imam Muslim dan lainnya dari Ibnu Abbas.

[ 2️⃣ ] Perintah makan dan minum dan larangan berlebih-lebihan. Ini adalah prinsip kesehatan.

[ 3️⃣ ] Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan atau melanggar batas. Seperti menghalalkan yang haram, mengharamkan yang halal, makan minum melebihi ukuran atau membahayakan badan, bermewahan di dalam makan, minum, berpakaian, dan lainnya.

[ 4️⃣ ] Larangan mengharamkan makanan, minuman, pakaian, atau lainnya, dengan akal atau perasaan semata, tanpa keterangan dari Alloh atau RosulNya.

[ 5️⃣ ] Hal-hal yang bermanfaat, seperti makanan, minuman, pakaian, atau lainnya, Alloh ciptakan bagi orang-orang yang beriman di dunia ini, walaupun orang-orang kafir juga mendapatkannya.

[ 6️⃣ ] Hal-hal yang bermanfaat, seperti makanan, minuman, pakaian, atau lainnya, Alloh ciptakan khusus bagi orang-orang yang beriman di akhirat, orang-orang kafir tidak akan mendapatkannya.

[ 7️⃣ ] Alloh menjelaskan ayat-ayatNya bagi orang-orang yang mengetahui. Ini adalah pujian bagi orang-orang yang memahami kitab Alloh Ta’ala.

Inilah sedikit penjelasan dua ayat yang agung ini. Semoga Alloh selalu membimbing kita di atas jalan yang lurus.

Ditulis oleh Muslim Atsari,
Sragen, Bakda Isya’ Ahad, 2-Syawal-1441 H / 24-Mei-2020 M

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.