NIKMAT PAKAIAN DAN FUNGSINYA

Ustadz Muslim Al-Atsari

AYAT-AYAT AL-QUR’AN PANGGILAN AR-ROHMAN KEPADA INSAN

QS. Al-A’roof/7: 26

يَا بَنِيْٓ اٰدَمَ قَدْ اَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُّوَارِيْ سَوْاٰتِكُمْ وَرِيْشًاۗ وَلِبَاسُ التَّقْوٰى ذٰلِكَ خَيْرٌۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُوْنَ – ٢٦

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa, itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’root/7: 26)

📌 PETUNJUK-PETUNJUK AYAT:

[ 1️⃣ ] Alloh memanggil manusia dengan anak Adam, ini menunjukkan bahwa seluruh manusia adalah keturunan Nabi Adam, sehingga beliau adalah manusia pertama. Dan ini menunjukkan bahwa teori evolusi Darwin yang menyatakan bahwa manusia berasal dari hewan adalah batil (dusta).

[ 2️⃣ ] Diantara nikmat Alloh kepada manusia adalah adanya pakaian. Berbagai jenis pakaian dimiliki oleh satu orang. Ini berbeda dengan hewan-hewan yang tidak pernah berganti pakaian, seperti kambing, sapi, buaya, kura-kura, dan lainnya.

[ 3️⃣ ] Diantara fungsi pakaian adalah untuk menutup aurat dan untuk keindahan.

[ 4️⃣ ] Wajib menutup aurat, dan ini kebutuhan primer manusia. Aurat laki-laki yang harus ditutupi adalah bagian tubuhnya antara pusar dengan lutut, sedangkan aurat wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan dua telapak tangan sampai pergelangan.

[ 5️⃣ ] Fungsi pakaian untuk keindahan, adalah kebutuhan kesempurnaan manusia.

[ 6️⃣ ] Pakaian takwa adalah iman, amal sholih, khosyatulloh (takut kepada Alloh), atau taqwa kepada Alloh.

Pakaian takwa adalah keindahan pada hati.

[ 7️⃣ ] Keberadaan pakaian dan fungsinya adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Dengan adanya pakaian lahiriyah agar manusia selalu ingat bahwa pakaian taqwa lebih penting dan lebih utama untuk diperhatikan.

🌷Inilah sedikit penjelasan satu ayat yang agung ini. Semoga Alloh selalu membimbing kita di atas jalan yang lurus.🌷

Ditulis oleh Muslim Atsari,
Sragen, Bakda zhuhur Ahad, 1-Syawal-1441 H / 24-Mei-2020 M

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.